Lowongan CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2017 Tanggal 31 Agustus 2017 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2017, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemendikbud dengan ketentuan sebagai berikut:


Lowongan CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017


I. INFORMASI UMUM

1. Unit Kerja Yang Mendapatkan Alokasi Formasi (Alokasi Penempatan) ialah sebagai berikut:
  • Sekretariat Jenderal
  • Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
  • Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat
  • Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
  • Direktorat Jenderal Kebudayaan
  • Inspektorat Jenderal
  • Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
  • Badan Penelitian dan Pengembangan
2. Jabatan, Kualifikasi Pendidikan, dan Jumlah Alokasi Formasi (file terlampir)
3. Informasi tentang dapat disaksikan pada alamat situs http://cpns.kemdikbud.go.id.
4. Proses seleksi dilakukan dalam 3 (tiga) etape berikut:
  • Seleksi administrasi dilaksanakan untuk pelamar yang telah mengisi persyaratan tata teknik pendaftaran;
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan untuk pelamar yang mengisi persyaratan (MP) seleksi administrasi. Seleksi dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dengan jangkauan materi mencakup Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilaksanakan untuk pelamar yang mengisi persyaratan (MP) SKD, dengan pelajaran psikotes lanjutan (tes kemampuan beranggapan lanjutan, tes jati diri lanjutan, dan tes evaluasi diri (self assessment)).

II. KRITERIA PELAMAR

1. Kebutuhan dari setiap jabatan diperuntukkan untuk pelamar dengan kriteria sebagai berikut:
  • Cumlaude/pujian ialah pelamar alumni terbaik (cumlaude/pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/unggul dan Program Studi terakreditasi A/unggul pada ketika lulus dan diperlihatkan dengan penjelasan lulus cumlaude/pujian pada ijazah atau transkip nilai.
  • Disabilitas ialah pelamar yang menyandang disabilitas tuna daksa dengan kriteria dapat melakukan tugas laksana menganalisa, mengetik, mengucapkan buah pikiran, dan berdiskusi.
  • Putra/putri Papua dan Papua Barat, ialah pelamar yang:
  1. menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat di distrik Papua dan Papua Barat, diperlihatkan dengan fotokopi ijazah yang dilegalisir; atau
  2. garis keturunan orang tua (bapak) pribumi Papua dan Papua Barat, diperlihatkan dengan surat akta kelahiran pelamar, fotokopi KTP bapak (ayah kandung), dan surat penjelasan hubungan family dari kelurahan/desa.
  • Umum ialah pelamar yang tidak tergolong kriteria sebagaimana huruf a, b, dan c.
2. Pelamar sebagaimana angka 1 (satu) wajib mengisi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam poin III inilah ini.


III. PERSYARATAN PELAMAR


a. Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Berusia serendah-rendahnya 18 tahun pada tanggal 1 September 2017 dan setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2017.
  • Sehat jasmani, rohani serta tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekusor, dan zat adiktif lainnya (NAPZA). Surat keterangan NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku disampaikan pada saat pemberkasan bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus semua tahapan seleksi.
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi di dalam maupun di luar lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b. Persyaratan Khusus
Bagi pelamar jenis formasi cumlaude/pujian berlaku persyaratan khusus sebagai berikut.
  • Bagi formasi S1: Pelamar lulus S1 dengan predikat cumlaude/summa cumlaude dari program studi yang terakreditasi A pada lembaga Perguruan Tinggi Negeri atau swasta yang terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun ijazah dikeluarkan.
  • Bagi formasi S2: Pelamar lulus S2 dengan predikat cumlaude/summa cumlaude dan memiliki ijazah S1 dengan predikat cumlaude/summa cumlaude dari program studi yang terakreditasi A pada lembaga Perguruan Tinggi yang terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun ijazah dikeluarkan.

Bagi pelamar jenis formasi umum, disabilitas, dan Putra/putri Papua dan Papua Barat berlaku persyaratan khusus sebagai berikut:
  • mendapatkan ijazah S1 atau S2 dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi;
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 paling rendah 2,75 (dibuktikan dengan transkip nilai yang diterbitkan secara sah oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan);
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S2 paling rendah 3,0 (dibuktikan dengan transkip nilai yang diterbitkan secara sah oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan).

V. TATA CARA PENDAFTARAN
  1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS Kemendikbud.
  2. Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi secara online terlebih dahulu di portal nasional dengan alamat https://sscn.bkn.go.id. dengan mengisikan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga, alamat email aktif, dan password akun portal SSCN. Selanjutnya pelamar wajib mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2017.
  3. Pelamar melakukan login ke portal SSCN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan dengan melengkapi biodata, memilih instansi, dan memilih jenis formasi sesuai instansi (pastikan bahwa instansi yang dituju adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada 1 (satu) instansi, 1 (satu) jabatan, dan 1 (satu) jenis formasi). Selanjutnya pelamar dapat melakukan pendaftaran melalui portal mandiri instansi.
  4. Pelamar melakukan proses pendaftaran melalui laman CPNS Kemendikbud dengan alamat https://cpns.kemdikbud.go.id dengan melakukan login aplikasi cpns online untuk melengkapi isian data pendaftaran online dengan tahapan:
  • mengisi formulir data pendaftaran CPNS online dan mencetak lembar formulir pendaftaran. Pelamar wajib memilih zona (wilayah) tempat seleksi sesuai dengan yang diinginkan;
  • menyetujui Pernyataan Integritas bahwa data dan informasi yang disampaikan adalah benar;
  • menyetujui pernyataan komitmen untuk melanjutkan proses lamaran apabila telah dinyatakan lulus pada tahap seleksi akhir;
  • melakukan upload pas foto; dan
  • mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi setelah dinyatakan memenuhi persyaratan (MP) administrasi.

VI. PROSES SELEKSI

1. Seleksi Administrasi
Peserta yang telah mengerjakan registrasi di software cpns online wajib mengantarkan berkas kelengkapan guna seleksi administrasi ke:
Panitia Seleksi CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan PO BOX 1112 – JKP 10011
Berkas dibentuk dengan urutan sebagai berikut:
  1. Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melewati pimpinan unit kerja diciptakan pada ketika tanggal pendaftaran; 
  2. Fotokopi KTP yang masih berlaku;
  3. Asli hasil cetakan (print out) eksemplar isian pendaftaran CPNS online yang sudah ditandatangani;
  4. Fotokopi ijazah/STTB dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, yaitu:
  • Bagi tingkat edukasi S1 alumni Universitas/lnstitut, diabsahkan oleh Dekan/Pembantu Dekan I.
  • Bagi tingkat edukasi S1 alumni Sekolah Tinggi, diabsahkan oleh Ketua/Pembantu Ketua I.
  • Bagi tingkat edukasi Pasca Sarjana, diabsahkan oleh Direktur Program Pasca Sarjana
  • Bagi ijazah luar negeri, mesti sudah disetarakan oleh Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Fotokopi Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah dilegalisir oleh Notaris atau Ditjen Dikti.
Catatan: Surat penjelasan lulus/ijazah sedangkan tidak dapat dipakai untuk melamar.

5) Pasfoto ukuran 3 x 4 cm sejumlah 6 (enam) lembar, dengan menyebutkan nama dan tanggal bermunculan dibalik pasfoto tersebut;

6) Khusus guna pelamar susunan Putra/putri Papua dan Papua Barat, mesti melampirkan:
  • fotokopi ijazah SD atau yang sederajat, ijazah SMP atau yang sederajat, dan ijazah SMA atau yang sederajat yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebagai bukti pelamar menyelesaikan sekolah di distrik Papua dan Papua Barat; atau
  • surat Akta Kelahiran pelamar, fotokopi KTP bapak (ayah kandung), dan surat penjelasan hubungan family dari kelurahan/desa.
  • Berkas kelengkapan dimasukkan dalam stopmap dengan peraturan warna pembeda: ● warna kuning guna pelamar umum; ● warna hijau guna pelamar cumlaude/pujian; ● warna merah guna pelamar disabilitas; ● warna biru guna pelamar putra/putri Papua dan Papua Barat.
  • c. Map mengandung dokumen cocok huruf b di atas dimasukkan ke dalam amplop warna cokelat. Pada pojok kiri atas amplop ditulis Eselon I yang dilamar.
  • d. Hasil seleksi administrasi akan diberitahukan melalui http://cpns.kemdikbud.go.id. e. Peserta yang mengisi persyaratan (MP) seleksi administrasi berhak mengekor Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • SKD diselenggarakan untuk pelamar yang ditetapkan memenuhi persyaratan (MP) seleksi administrasi.
  • SKD dilakukan di setiap Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditentukan menurut zona distrik yang dipilih pada ketika pendaftaran.
  • Pada ketika pelaksanaan SKD, masing-masing pelamar wajib mengindikasikan Kartu Tanda Peserta Seleksi dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pribumi yang masih berlaku yang dipakai saat registrasi pendaftaran, serta mengisi susunan hadir yang sudah dilengkapi dengan pas potret pelamar.
  • Mengingat seleksi memakai sistem CAT maka masa-masa dan lokasi pelaksanaan seleksi supaya dilihat secara seksama pada http://cpns.kemdikbud.go.id.
  • Pelamar melulu dapat mengemban SKD pada tempat dan masa-masa yang sudah ditentukan.
  • Materi SKD mencakup Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU), dan Tes Karateristik Pribadi (TKP).
  • Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai passing grade yang ditata dalam ketentuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
  • Hasil SKD akan diberitahukan pada alamat web http://cpns.kemdikbud.go.id.
3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
Pelamar yang berhak mengekor SKB ialah pelamar yang telah ditetapkan memenuhi persyaratan (MP) seleksi administrasi dan mengisi persyaratan (MP) SKD. Jumlah peserta yang dapat mengekor SKB paling tidak sedikit 3 (tiga) kali jumlah keperluan pada setiap jabatan menurut peringkat nilai SKD. Materi SKB terdiri dari:

1) Berpikir lanjutan dengan proporsi 30%
2) Kepribadian lanjutan dengan proporsi 50%
3) Penilaian diri (self assessment) dengan proporsi 20%

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) memakai sistem Computer Based Test (CBT). Tempat pengamalan tes bakal ditentukan kemudian.



VII. KETENTUAN LAIN
  1. Setiap pelamar mesti mematuhi dan mengekor seluruh peraturan yang ditetapkan.
  2. Apabila dikemudian hari pelamar terbukti menyerahkan data yang tidak cocok dengan kenyataan atau mengerjakan manipulasi data baik pada masing-masing tahapan seleksi maupun setelah diusung menjadi CPNS/PNS maka kelulusan yang bersangkutan ditetapkan batal dan/atau yang bersangkutan dibebastugaskan sebagai CPNS/PNS.
  3. Apabila pelamar telah ditetapkan lulus namun tidak mengucapkan kelengkapan berkas guna penetapan NIP sebatas waktu yang ditentukan, maka kelulusan yang bersangkutan ditetapkan batal dan/atau yang bersangkutan dirasakan mengundurkan diri.
  4. Dihimbau supaya tidak mempercayai bilamana ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat menolong kelulusan dalam masing-masing tahapan seleksi dengan kewajiban menyediakan sebanyak uang atau dalam format lain.
  5. Panitia seleksi tidak melayani komunikasi dengan pelamar dalam format apapun. Pelamar diinginkan selalu mengawasi perkembangan informasi yang diberitahukan pada laman http://cpns.kemdikbud.go.id.
  6. Informasi dan keterangan lain berhubungan pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bisa dibaca melewati Frequently Asked Question (FAQ) yang sudah disediakan pada laman http://cpns.kemdikbud.go.id. Layanan pengaduan sekitar proses seleksi CPNS 2017 dapat dikatakan melalui alamat email helpdesk.cpns@kemdikbud.go.id dengan menyimak tata teknik penyampaian pengaduan.

Demikian informasi mengenai Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017. Semoga bermanfaat, terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lowongan CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel